Pengobatan diare tentunya harus melihat penyebabnya

Pada umumnya ha.l ini sangat terkait dengan kondisi lingkungan.

Penjagaan terhadap kebersihan lingkungan mcnjadi faktor utama untuk langkah pencegahan.

Selain itu banyak dimlarkan melalui buangan dari penderita diare.

Untuk pencegahan sebagai berikut: > Buang air bcsar di kakus, tidak di kali, pantai, sawah atau scmbarang tcmpat.

> Cuci rangan sebelum makan, dan sesudah buang air besar.

> Pastikan minum air dan makan makanan yang sudah dimasak dan bersih.

Keadaan diare dan muntah yang berat dapat menycbabkan dehidrasi.

 Pengobatan diare tentunya harus melihat penyebabnya

demikian juga dengan banyak berkeringat, baik yang nampak ataupun tidak (misalnya di daerah yang kering, keringat yang kelihatan tidak kelihatan karena langsung menguap), dapat menyebabkan kekurangan cairan atau gangguan kescimbangan elektrolit tubuh.

Usaha untuk mengganti cairan dalam hal ini harus disertai dengan memperbaiki keseimbangan elektrolit tubuh.

Cairan yang dapat memenuhi syarat untuk maksud tersebut adalah oralit-cairan yang dibuat untuk diminum dcngan komposisi atau mengandung unsur kimia yang dibutuhkan, seperti: natrium, kalium, calsium, chlorida, carbonat, fosfat, glukosa, dan sebagainya.

Pada keadaan sehari-hari sering dijumpai penderita pingsan saat mengikuti upacma, olah raga, atau aktivitas fisik lajnnya yang banyak mengeluarkan keringat dan tenaga.

Kemungkinan penderita kurang bahan bak2: (karena tidak sarapan, dan sebagainya) atau kekurangan cairan manis dapat diberi cajran (minuman) manis dan bermineral, atau dapat diberi oralit.

Jika kerja jantung dan pernafasan baik (dapat didengarkan secara langsung dari dada atua diraba pergelangan tangan) diharapkan dapat segera sehat kembali.

Dalam melakukan tindakan awal pada kecelakaan, obat hanyalah kebutuhan sekunder, mengingat selain obat mempunyai khasiat yang menguntungkan, jika digunakan dengan indikasi atau cara yang salah dapat menimbulkan hal-hal merugikan.

Dengan mengetahui mekanisme timbulnya gangguan badan baik karena kecelakaan atau sebab lainnya serta mcngcrti cam kcria obat dalam tubuh diharapkan anda dapat menggunakan obat dengan tepat untuk mengurangi penderitaan penderita sebelum mendapatkan pcrtolongan lebih lanjut.

Bahaya dari diare ini adalah kekurangan cairan atau dehidrasi

Mencret atau diare adalah teriadinya perubahan defakasi yajtu lebih frekuen dcngan feces lebih lembek mu bcrupa aim, sehingga mengganggu kesehatan penderita.

Bahaya dari diare ini adalah kekurangan cairan atau dehidrasi.

Pengobatan diare tentunya harus melihat penyebabnya.

Apakah karena infeksi bakteri atau amoeba, hipersensitif terhadap makanan atau minuman tertentu, keracunan dan sebagainya.

Menghentikan diare tanpa menghilangkan penyebabnya tidak dapat dibenarkan.

Hal yang sangat penting bagi tindakan awal adalah melihat apakah ada dehidrasi.

Jika ada kekurangan cairan dengan tanda ubun-ubun cekung pada anak-anak, mata kelihatan cowong, kulit kelihatan layu, dan sukar atau lambat kembali jika ‘dijiwit’ tebal, rasa haus bahkan nampak pasien bingung, harus segera diberikan cairan misalnya oralit atau minuman lain yang mempunyai komposisi seperti oralit.

Obat anti diare biasanya mengandung komponen penghilang perasaan mulas atau melilit di perut, yaitu pengcndor otot polos usus (spasmolitika), seperti papaverin, hiosin dan sebagainya, komponen adsorben misalnya kaolin dan pektin untuk mengansorbsi racun atau senyawa lain penyebab diare dan komponen pembunuh kuman baik bakteri maupun amoeba, seperti kuinolin, neomisin dan sebagainya.

Comments

Popular posts from this blog

Penjelajahan wisata KWARA CAMP

Catering : Cara menggunakan Cabe dalam setiap menu masakan

Lanjutan dari daun seledri apakah bisa menjadi obat wasir